Sunday, April 27, 2014

MELANGKAH SETAPAK KEDEPAN


Maret dan April full barokah, Alhamdulillah... .
Selamat milad untuk ayah tercinta, semoga menjadi imam, suami, ayah, sahabat, leader yang sholeh, sabar, ikhlas, sehat selalu dan panjang umur dan bermanfaat bagi umat. Dikaruniani rizki yang berlimpah dan terus belajar memahami hidup.
Selamat milad untuk ku juga ... .
Dengan untaian doa yang semoga selalu mengalir, separti kasih sayang bapak dan ibu yang tak berujung, terima kasih bapak dan ibu untuk semua doa dan dukungannya, serta tetes air mata cinta yang tak pernah habis untukku
Usia pernikaahan yang ke 11 tahun, semoga lebih kuat dalam berikhtiar dan doa menjadikan maghligai keluarga sakinah, mawaddah warahmah, sebagai orang tua terbaik untuk Atha, Ammar dan Askar, walaupun baik tidak selalu menyenangkan. terbukti tempat favorit anak-anak, rumah "mbah Suti", masih seperti dulu.
Diakui negara, cie....
Dulunya belum he...he...he..., tambah amanah pastinya harus menjadi guru profesional.
Alhamdulillah rizki bertambah tentunya, bismillah sebagian untuk membiayai studi lanjut, Insyaalloh seandainya nanti diterima.
hari-hari yang berat dan berurutan, tetapi akhirnya terlewati dengan indah,@thanks to Ayah, Atha, Ammar, Askar yang nggemesssin, Bapak ibu, ibu lagi dan teman2 kru SD MPU yang luar biasaaa love you all.
24 April tes tulis lomba kepala prestasi, smoga bisa menorehkan catatan indah. lanjut besok pagi presentasi makalah... .
belum siap2, wufff... .
Telat info, karena sabtunya, 26 April ikut tes TPA dan TEAP study S2.
Ya Alloh, berilah keikhlasan untuk menerima segala ketetapan Mu, and keep SPIRIT

PTS ; "OLAH NILAI GUNA EXCEL"

Penelitian Tindakan Sekolah
PENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KINERJA GURU DALAM PENGOLAHAN HASIL PENILAIAN DAN PELAPORAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM EXCEL
DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN COLOMADU, KECAMATAN COLOMADU, KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2009 – 2013






Disusun oleh,
Nama : Arum Dyah Ripdianti, S.Pd
Jabatan : Kepala Sekolah
Sekolah : SD Muhammadiyah Program Unggulan

SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN COLOMADU
UPT PUD NFI DAN SD KECAMATAN COLOMADU
KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN 2014
ABSTRAK



Arum Dyah Ripdianti, S.Pd. PENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KINERJA GURU DALAM PENGOLAHAN HASIL PENILAIAN DAN PELAPORAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM EXCEL DI SD MUHAMMADIYAH PROGTAM UNGGULAN COLOMADU, KECAMATAN COLOMADU, KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2009 – 2013

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja guru dalam pengolahan hasil penilaian dan pelaporan hasil belajar siswa. Sasaran meningkat kinerjanya di SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu, Kabupaten Karanganyar tahun 2010/2011.
Penelitian menggunakan metode penilitian tindakan (action research), dilaksanakan di kelas I – VI SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu kab. Karanganyar.
Berdasarkan analisis penelitian tindakan sekolah terhadap proses pengolahan nilai dan hasil belajar disimpulkan bahwa 1) penggunaan program excel pada proses pengolahan hasil penilaian dapat mempersingkat waktu karena menggunakan program penghitungan otomatis dari excel, 2) program tersebut juga dapat meminimalisir kesalahan pada proses penilaian karena program dikontrol dari penginputan rumus diawal program. 3) Pengorganisiran hasil penilaian nilai mata pelajaran oleh wali kelas yang melibatkan guru mata pelajaran dapat diakomodasi dengan tepat dan praktis memanfaatkan program excel sehingga bisa langsung dilanjut dengan penyusunan dan pencetakan Hasil Belajar Siswa secara otomatis, efektif dan efisien. 4) Kendala keterbatasan kemampuan beberapa guru dalam mengoperasikan excel dapat diatasi dengan pelatihan dan pendampingan secara kontinue oleh guru maupun kepala sekolah yang berkompeten.
Besar harapan kami untuk ke depannya, program yang sudah diterapkan di SD Muhammadiyah Program Unggulan bisa juga dimanfaatkan oleh guru-guru di sekolah lain. Guru dan kepala sekolah memanfaatkan buku dan internet sebagai media untuk meningkatkan kompetensinya, karena banyak hal baru dalam khasanah pendidikan yang terus berkembang.
Bagi sekolah dalam menyambut program kurikulum 2013, ada pengembangan program pengolahan dan pelaporan hasil penilaian yang efektif, efisien dan praktis dalam pengerjaannya.
Kata Kunci :Penilaian, Kinerja, excel


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji dan syukur hanya milik Allah SWT, pembei Rahman dan Rokhim pada segenap makhluk-Nya di muka bumi ini. Kami dapat menyelesaikan penulisan laporan penelitian tindakan sekolah, melalui observasi dan uji coba program penilaian hasil penilaian siswa SD Muhammadiyah Program Unggulan menggunakan dana swadana pada tahun pelajaran 2009/2012, yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja guru dalam kegiatan proses pengolahan hasil penilaian.
Pasa kesempatan ini, kami sampaikan terima kasih kepada (1) Drs. Muhamamad Suharno, M.Pd selaku Pembina SD Muhammadiyah Program Unggulan, yang telah memberikan kesempatan untuk bereksperimen dan melaksanaan penelitian tindakan kegiatan sampai pada penyusunan laporan ini.(2) Rekan-rekan guru dan karyawan yang meluangkan waktu, perhatian dan membantu dengan berbagai informasi yang kami butuhkan, sehingga laporan ini dapat kami selesaikan. (3) Rekan-rekan dari AFAC com yang memberikan kesempatan bertanya, meluangkan waktu, perhatian dan membantu dengan berbagai informasi yang kami butuhkan, sehingga program dan laporan ini dapat kami selesaikan.
Semoga program pengolahan hasil penilaian, bermanfaat bagi semua pihak yang membaca lebih-lebih bagi guru, kepala sekolah dan semua pihak yang berkepentingan.

Karanganyar, 23 April 2014
Kepala Sekolah

Arum Dyah Ripdianti, S.Pd
NIP. ----

Tuesday, April 8, 2014

Berdamai dengan Ujian


Surat Al Baqarah (2:148)
Sahih International
For each [religious following] is a direction toward which it faces. So race to [all that is] good. Wherever you may be, Allah will bring you forth [for judgement] all together. Indeed, Allah is over all things competent.

belajar menjadi kuat, saat kita terpuruk dalam lemah, lelah, sakit dan kurang
karena kitalah yang bisa menjadikan kuat, semangat, sehat dan berlebih
berazzam dengan ikhtiar dan doa untuk melewati waktu-waktu penuh sedih dan luka
karena kebahagiaan hanya ada di hati kita

Kubuka sedikit rahasia hati
Akupun sama merasa lemah, lelah, sakit dan kurang
mungkin jauh berlebih dari yang kau rasa
Waktuku pun penuh berisi sedih dan luka
Tapi senyumku tetap mengembang
Kalbuku menjadi tenang
Hati ini hanya bersandar pada Alloh Maha Berkehendak

tidak akan kupinta kata bahagia darimu teman
karena akupun tidak akan membuatmu bahagia
tidak akan kugantungkan asa padamu juga
karena kuasapun tak ada padamu

sometimes kill us...
No Action Talking Only
Tidak cukup berniat
Tidak pantas hanya berprasangka
Enggan untuk berharap
Malu jika meminta

Learn from mistakes
Nobody perfect as i do

Ya Robb,
Ringankan kaki ini melangkah
melalui setiap ujianMu
Ringankan hati ini
Dari persangkaan yang merapuhkan hati dan membebalkan pikiran
Cukupkan hati ini untuk setiap nikmatMu
Berikan kekuatan dan kesabaran untuk sahabat sahabat kami
untuk saling bisa menopang dalam rapuh dan sakit
untuk selalu mendukung dalam berjihad di jalanMu

Do your best, do the best
Tebar kebaikan agar esok dapat kita dapat menauai kebaikan
Beri kemudahan agar kemudahan selalu Alloh berikan
Buka telinga untuk mendengar, minimaze keluh kesah
kurangi prasangka dengan tabayun untuk bersihkan hati

Saat kau lelah rehatlah sejenak untuk menghimpun kekuatan
bukan bersiap diam dan kalah
Fastabiqul khoirot

Tuesday, April 9, 2013

On time vs terlambat

Akad atau perjanjian dan aturan yang telah berlaku wajib dijalankan sebagai bentuk amanah dari lembaga tempat kita bernaung. Jam kerja sebagai salah satu bentuknya, tanggung jawab secara lahir kepada atasan, rekan kerja, dan anak-anak serta pada lembaga itu sendiri. Hal itu pun nantinya perlu kita pertanggungjawabkan kepada Alloh, sebagai komitmen awal ketika masuk dalam dunia pendidikan dan perlu dikoreksi, sudah luruskah?

Ketika berangkat pagi dan on time, siapapun kita pastilah bisa merasakan nyaman dan nikmat di lingkungan kerja kita, beda halnya dengan ketika kita datang terlambat. Dari rumah tergesa-gesa, kemrungsung, pastinya ada rasa tidak enak hati (Alhamdulillah jika merasakan dan hati-hati jika sudah tidak terasa lagi...) sesampainya di kantor pun serba salah, ditegur ogah karena punya alasan kuat, dibiarkan dan keterusan malah tidak jelas.

Bisa dipahami tidak seorang pun lolos dari kata terlambat, sekalipun pimpinan atau bawahan yang memang pada saat itu mempunyai keperluan yang mendesak, ataupun terperangkap pada situasi dan kondisi yang mengharuskan terlambat. Terlambatpun menjadi sebuah kewajaran "sekali waktu", saya pun benar-benar memahami dan mencoba lebih memahami, tetapi keterlambatan yang menjadi rutinitas bukanlah menjadi hal yang wajar lagi. Alasan apapun untuk sebuah kata terlambat pasti akan selalu ada.

Salah satu alasan terbanyak, repot dengan anak di rumah. Sayapun mengalami hampir setiap hari, solusi terbaik adalah koreksi ulang manajemen di rumah kita, apapun alasannya solusi ada pada manajemen diri kita sendiri. Bukan aturan yang dikoreksi ulang karena aturan ada dan berjalan sebelum permasalahan kita muncul.

Hal terpenting untuk kita, perbanyak mengkoreksi diri bukan menuntut banyak hal dari orang lain untuk berubah, karena perubahan terbaik dan termudah berawal dari diri kita sendiri. Jangan beharap banyak pada orang lain untuk mengerti kita, tapi berusahalah untuk lebih memahami orang lain.

Tuesday, April 2, 2013

Dibuang Sayang



HP jadul nan bersejarah, nomernya pun sudah nyanthol dimana-mana. hampir saja hilang gara2 tidak dirawat dengan semestinya. akhirnya agak telat dan harus ganti batrei. dibuang saaaayaaang....

NUGGET TAHU


Bersih2 email dari milis, mpasi rumahan nemu resep, smoga sempat bikinnya...
Bahan:
100 gr tahu putih
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk, jika perlu
1/16 sdt pala bubuk (tadi aku gak pake, kbetulan lagi gak ada)
1 butir telur
2 sdm daging sapi giling (tadi aku pke ayam cincang)
50 gr daun+batang muda bayam, rebus, cincang
25 gr keju cheddar parut
Minyak goreng secukupnya

Pelapis:
3 sdm tepung terigu protein rendah
1 butir telur, kocok rata
75 gr tepung panir

Cara membuat:
1. Bungkus tahu dgn serbet bersih, remas2 sambil diperas hingga tahu lumat dan tiris. Campur rata dgn garam, merica, pala, telur, daging, daun+batang muda bayam serta keju.
2. Ratakan adonan tahu dlm loyang 20 cm x 20 cm x 4 cm yg dioles minyak goreng. Kukus hingga masak (20 menit), sisihkan hingga dingin.
3. Potong2 nugget sesuai selera. Gulingkan ke tepung terigu, lalu celupkan ke telur kocok. Lalu gulingkan ke tepung panir hingga rata.
4. Goreng terendam minyak di atas api sedang hingga kering + kecoklatan. Angkat+tiriskan. Sajikan hangat.
Note: bayam bisa ganti sayuran lain mis: brokoli, kembang kol, buncis, kapri.

Sumber: Buku Pintar Menu Balita 30 hari (Wied Harry Apriadji)

Note:
1. aku gak rebus bayamnya langsung cincang aja kan ntar juga dikukus hehe
2. Tahunya aku bejek2 aja pke tangan/garpu, gak pake kain2an biar lbh praktis :)

atooo pake resep ini ??

Bahan:
300 g tahu putih, tiriskan, potong-potong
1 lembar roti tawar, potong-potong
1 butir telur ayam
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
20 g wortel, cincang halus
Pelapis:
1 putih telur ayam, kocok hingga berbuih
150 g tepung panir kasar
Saus:
1 sdm margarin
1 siung bawang putih, cincang
4 sdm saus tomat
½ sdt gula pasir
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
300 ml kaldu
1 sdt tepung maizena

Cara membuat:
Masukkan semua bahan ke dalam foodprocessor kecuali wortel, proses hingga lembut.
Tambahkan wortel cincang, aduk rata.
Ratakan adonan daging di dalam loyang segi empat.
Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit hingga matang.
Angkat dan dinginkan.
Potong-potong adonan ukuran 4x4x1,5 cm.
Celupkan dalam putih telur lalu lapisi dengan tepung panir hingga rata.
Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan warnanya.
Potong-potong melintang.
Sajikan dengan Sausnya.
Saus : Tumis bawang bombay hingga layu.
Masukkan bahan lainnya.
Tuangi larutan maizena.
Didihkan hingga kental. Angkat.

Untuk 24 potong


a

Wednesday, February 13, 2013

Ibu, ...


Ibu sakit,
Hanya kata maaf terlontar, karena belum bisa menjengukmu.
Hanya doa dan uraian air mata yang menemani kerinduan ini
Ibu, semoga lekas sehat...
Betapa kami kehilangan sapa halusmu seperti malam-malam kemarin
yang tak pernah surut, walaupun kami larut dalam kesibukan kami
yang tak pernah bosan menanyakan
Ammar sehat? Atha sehat? Askar sehat? Bunda sehat? Ayah sehat?
Rentetan kata yang tidak pernah tertinggal,
tidak bosan mendengar keluh kesahku, betapa penat hari ini
selalu ceria mendengar celoteh anak-anak
Ibu semoga kembali sehat ... .

Tuesday, February 12, 2013

Menyebalkan Nggak Yaa?!


Menjadi orang menyebalkan sebetulnya tidak enak, apa lagi bertemu dengan orang dengan sikap menyebalkan, pasti lebih tidak menyenangkan.

Menyebalkan sebetulnya adalah konotasi negatif relatif, maksudnya pendefinisiannya relatif bagi masing-masing individu, relatif timingnya, relatif penyebabnya. Kenapa harus beropini mengenai sikap menyebalkan? Sebatas mengingatkan diri sendiri dan orang-orang tercinta, adakalanya kita menjadi menyebalkan dan sangat membuat tidak nyaman orang-orang di sekeliling kita.

Hari yang indah seperti biasanya, karena senyum masih menghiasi hati dan mulutku. Beban berat merupakan ujian hidup yang berdatangan silih berganti dan tidak akan pernah bertanya,apakah kau siap menerimaku saat ini?. Masalah pun akan selalu menyapa kita setiap saat dari yang terberat sampai yang teringan, tinggal kita menyikapinya seperti apa? Menjadi beban berat atau menerima dan belajar dari kesalahan untuk memperbaiki kedepannya, parahnya menjadi pemicu sikap yang uncomfortable untuk orang lain.

Sample kecil, di rumah dengan kondisi fisik yang sangat capai dan kondisi rumah yang jauh dari nyaman membuat ayah gusar. dan keluarlah komentar singkat yang sangat cukup tidak nyaman buat saya kala itu, tapi untungnya saya dan ayah sama-sama menyadari kesalahan kecil yang berlarut-larut pasti tidak baik di akhirnya.

Sample lain,he he he... kudu ngguyu, karena ini yang sering membuat jenggkel, melihat tingkah polah anak sekarang, kalau dipanggil pura-pura tidak mendengar, ternyata tidak cuma anak-anak, bapak ada, ibu juga ada. Kenapa sampai begitu? Sebagai kode bahwa aku memang mengabaikanmu, emang enak dicuekin?, berapa kali kita seperti itu? Kalau sesekali waktu bolehlah, tapi sebagai seorang istri, ibu atau guru tidak seharusnya kita berbuat semacam itu sering-sering, apa jadinya anak-anak kita nantinya? Namanya buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya.

Contoh lainnya, menyepelekan orang lain dari cara bicara, gesture, tatapan mata, hal-hal kecil yang kadang tidak kita sadari ternyata melecehkan orang lain, apa lagi dengan kata-kata ketus, tidak senonoh, dll. Kadang karena terlalu lekatnya dengan keseharian kita, kita pun tidak menyadari kalau membuat tidak nyaman orang-orang di sekitar kita. Hati-hati, jika orang-orang terdekat kita sudah mulai menjaga jarak dengan keberadaan kita, mungkin kita masuk kategori orang yang menyebalkan.

Sekali waktu, saya pun ambil peran menjadi orang yang menyebalkan, untungnya ada yang mengingatkan, dan itulah spesial moment rasanya seperti ditampar, tapi Alhamdulillah, mereka masih mau mengingatkan letak kesalahan kita, dan dengan cara yang membuat nyess, dan sangat nyaman. Dan ada kalanya, ketika bertemu dengan orang yang menyebalkan sekali waktu.
ayah-red), ya di komentari pedes saja, tapi ya tidak gualak-gakal, soalnya biasanya memang saya yang salah, tapi gengsi ngalah, he...he... he... dasar embok-embok, (=ibu-ibu bhs Banyumas, red), lain halnya dengan teman, tetangga, yang sudah adult, beda lagi caranya, walaupun tidak jauh beda. Teguran sebisa mungkin dengan cara yang baik, syukur-sukur tidak ada yang tahu. Baik ukurannya pun relatif, dimana bukan kita sebagai ukurannya, tapi (lawan bicara kita). Perasaan saya biasa saja kalau ngomong, tapi ternyata membuat teman saya jadi speechless, apalagi sakit hati.

Mari kita belajar menghargai diri kita sendiri dengan memperlakukan orang lain seperti perlakuan yang kita inginkan dari orang lain pada kita, keluar dari posisi nyaman dengan senyum sinis dan komentar MASALAH BUAT LOO !,

Ya Alloh
Lembutkan hati kami
menerima hidayahMu
lapangkan hati kami
belajar sabar tak berbatas
untuk meraih cintaMu
kuatkan hati kami
belajar ikhlas dan ridha
yang kadang terasa berat
dalam menerima setiap ujian
yang kerap menyapa



Sunday, July 8, 2012

oleh-oleh liburan


Harusnya hidup tidak perlu dibebani yang berat-berat apalagi masalah pekerjaan.
Tapi kiq ya syusah banget ya
Berat hati untuk melangkah, karena rasa yang mendalam. habis liburan panjang menghabiskan waktu dengan 3 jagoan kecilku, Atha, Amar, dan Askar di tempat mbah guru di purbalingga (wonderfull moment)...
Walaupun separuh hati tertinggal di kampus tercinta dengan kerjaan yang menumpuk ohmm...
sudah mulai aktif ngantor lagi, separuh hati lagi. ditengah tumpukan kerjaan, hatiku terbagi dengan cintaki di rumah. Dasar manusia... maunya apa sih?

Sadar diri, kalo bunda satu ini tidak ada apa-apanya...
tapi yakin deh punya hati penuh cinta untuk jagoan2 ku tercinta, ayah yang ndut, bapak ibu nun jauh di sana, ibu mertua yang baik hati, dll yang tidak bisa disebutkan satu persatu

banyak yang terlawat, sedikit akan kuikat di sini...
Atha renking 1, hafalannya lumayan Al Ghosyiah ayat 16 (liburan hafalannya gak nambah2)
Ammar, lucu banget walaupun kadang cengeng juga, tapi hebatnya deket banget sama Askar.
Kemarin sempat bilang, "Bunda, sabar ya,... " waktu nonton bareng, biasanya rebutan remot u nonton tv bareng. Bahasa simplemu bikin bunda mmm... bangga, seneng, he3 malu jg, anakku hebat
Askar dah latihan maem sama bibling nya banyak, lucu cute banget
2 hari di Darma nengok mbah buyut yang heubat, pade Sugeng n keluarga. sekalian nunggu mba ririn yang belum lahiran, dah lewat 5 hari semoga lancar dan diberi kemudahan.
ke tempatnya mba ipung, anak2 sama dipta. hiy... akur2, sukses jadi baby brother dip!
Anak2 ke tempat mas nung, bw oleh2 banyak deh...
Alhamdulillah syukur nikmat tiada tara, sehat, kesempatan, umur panjang, orang2 penuh cinta disekelilingku... jadi pengin nangis... luv you all...
Semoga tidak ada rasa benci tertinggal, bertanam cinta pasti kan menyemai cinta!


Tuesday, June 26, 2012

WORK SHOP PEMBELAJARAN SD MPU


Kereee..n guru-guru SD MPU maju praktek jadi guru, yang lain praktek jadi murid ... .
Wheww... lucu juga celoteh murid kawak-kawaknya.
Dari segi performence yang sudah maju, bu Susanti, bu Deny, pak Har cukup buaguuus.
Di bawah bimbingan Bapak Prof. Ali Imron Al-Ma'ruf, PBSID & Program Pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, terima kasih pak atas bimbingannya.

.
Materinya bagus banget, Model Pembelajaran;PAIKEM; Inovasi Model Pembelajaran, semoga bisa mengunggah filenya.
Ditunggu... report selanjutnya.