Skip to main content

PTS ; "OLAH NILAI GUNA EXCEL"

Penelitian Tindakan Sekolah
PENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KINERJA GURU DALAM PENGOLAHAN HASIL PENILAIAN DAN PELAPORAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM EXCEL
DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN COLOMADU, KECAMATAN COLOMADU, KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2009 – 2013






Disusun oleh,
Nama : Arum Dyah Ripdianti, S.Pd
Jabatan : Kepala Sekolah
Sekolah : SD Muhammadiyah Program Unggulan

SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN COLOMADU
UPT PUD NFI DAN SD KECAMATAN COLOMADU
KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN 2014
ABSTRAK



Arum Dyah Ripdianti, S.Pd. PENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KINERJA GURU DALAM PENGOLAHAN HASIL PENILAIAN DAN PELAPORAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM EXCEL DI SD MUHAMMADIYAH PROGTAM UNGGULAN COLOMADU, KECAMATAN COLOMADU, KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2009 – 2013

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja guru dalam pengolahan hasil penilaian dan pelaporan hasil belajar siswa. Sasaran meningkat kinerjanya di SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu, Kabupaten Karanganyar tahun 2010/2011.
Penelitian menggunakan metode penilitian tindakan (action research), dilaksanakan di kelas I – VI SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu kab. Karanganyar.
Berdasarkan analisis penelitian tindakan sekolah terhadap proses pengolahan nilai dan hasil belajar disimpulkan bahwa 1) penggunaan program excel pada proses pengolahan hasil penilaian dapat mempersingkat waktu karena menggunakan program penghitungan otomatis dari excel, 2) program tersebut juga dapat meminimalisir kesalahan pada proses penilaian karena program dikontrol dari penginputan rumus diawal program. 3) Pengorganisiran hasil penilaian nilai mata pelajaran oleh wali kelas yang melibatkan guru mata pelajaran dapat diakomodasi dengan tepat dan praktis memanfaatkan program excel sehingga bisa langsung dilanjut dengan penyusunan dan pencetakan Hasil Belajar Siswa secara otomatis, efektif dan efisien. 4) Kendala keterbatasan kemampuan beberapa guru dalam mengoperasikan excel dapat diatasi dengan pelatihan dan pendampingan secara kontinue oleh guru maupun kepala sekolah yang berkompeten.
Besar harapan kami untuk ke depannya, program yang sudah diterapkan di SD Muhammadiyah Program Unggulan bisa juga dimanfaatkan oleh guru-guru di sekolah lain. Guru dan kepala sekolah memanfaatkan buku dan internet sebagai media untuk meningkatkan kompetensinya, karena banyak hal baru dalam khasanah pendidikan yang terus berkembang.
Bagi sekolah dalam menyambut program kurikulum 2013, ada pengembangan program pengolahan dan pelaporan hasil penilaian yang efektif, efisien dan praktis dalam pengerjaannya.
Kata Kunci :Penilaian, Kinerja, excel


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji dan syukur hanya milik Allah SWT, pembei Rahman dan Rokhim pada segenap makhluk-Nya di muka bumi ini. Kami dapat menyelesaikan penulisan laporan penelitian tindakan sekolah, melalui observasi dan uji coba program penilaian hasil penilaian siswa SD Muhammadiyah Program Unggulan menggunakan dana swadana pada tahun pelajaran 2009/2012, yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja guru dalam kegiatan proses pengolahan hasil penilaian.
Pasa kesempatan ini, kami sampaikan terima kasih kepada (1) Drs. Muhamamad Suharno, M.Pd selaku Pembina SD Muhammadiyah Program Unggulan, yang telah memberikan kesempatan untuk bereksperimen dan melaksanaan penelitian tindakan kegiatan sampai pada penyusunan laporan ini.(2) Rekan-rekan guru dan karyawan yang meluangkan waktu, perhatian dan membantu dengan berbagai informasi yang kami butuhkan, sehingga laporan ini dapat kami selesaikan. (3) Rekan-rekan dari AFAC com yang memberikan kesempatan bertanya, meluangkan waktu, perhatian dan membantu dengan berbagai informasi yang kami butuhkan, sehingga program dan laporan ini dapat kami selesaikan.
Semoga program pengolahan hasil penilaian, bermanfaat bagi semua pihak yang membaca lebih-lebih bagi guru, kepala sekolah dan semua pihak yang berkepentingan.

Karanganyar, 23 April 2014
Kepala Sekolah

Arum Dyah Ripdianti, S.Pd
NIP. ----

Comments

Popular posts from this blog

Kangen

Hari ini judulnya kangeen semua ... . Mbah kakung sama Atha n Ammar...

muhasabah

Dua minggu sudah, batuk ini tidak kunjung sembuh ... Sudah berobat ke dokter, obatnya pun sudah dihabiskan. masih kurang mantap lanjut pakai bekam dan moksa, masalahnya kondisi badan pun drop, demam tapi terasa dingin. Ini bentuk ujian lain yang harus dihadapi, heh... Minggu kedua, masih merasakan sakit yang sama, mungkin cara Alloh mengingatkanku untuk menjaga kesehatanku sendiri, lagi pula siapa juga yang mau menjaganya. Jujur, terlampau sering aku mendzolimi badanku sendiri, terlewat waktu makan, mencecar kerjaan yang memang tidak ada habisnya, ah... terlalu banyak alasan memang. Sudah seharusnya kita membahagiakan diri kita dengan hal yang sederhana sekalipun. Memperbanyak rasa syukur, memenuhi kebutuhan badan dan jiwa sesuai dengan porsinya, membuat simple goal yang bisa kita capai, banyak-banyak berpasrah diri pada-Nya... BAHAGIA adalah hak kita yang harus kita perjuangkan.................